Implementasi Nilai Pancasila dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas IV MIS AL-Huda Hinai

Authors

  • Ficha Aulia Nanda Universitas Putra Abadi Langkat
  • Dila Nadia Universitas Putra Abadi Langkat
  • Suci Laksana Lubis Universitas Putra Abadi Langkat
  • Ridha Madinatuz Zahra Universitas Putra Abadi Langkat

Keywords:

Implementasi, Nilai, Pancasila, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) AL-HUDA Hinai. Guru mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan memasukkannya dalam metode mengajar, sikap terhadap siswa, dan kegiatan rutin sekolah. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus penelitian ini menggali bagaimana nilai-nilai luhur Pancasila diintegrasikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di madrasah tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan kepala madrasah, serta analisis dokumen kurikulum dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MIS AL-HUDA Hinai secara aktif menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila melalui berbagai strategi, termasuk pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari, integrasi dalam materi pembelajaran, dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang menunjung tinggi nilai kebersamaan, toleransi, dan gotong royong. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman praktik baik dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan pendidikan dasar Islam. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan diatas, dapat disimpulkan implementasi nilai-nilai sila Pancasila di MIS AL-HUDA Hinai sudah cukup baik. Namun dalam kenyataannya belum dapat dilaksanakan secara optimal. Masih ada beberapa anak yang melanggar nilai-nilai Pancasila. Hambatan dan kendala yang dialami guru yaitu kebiasaan anak di luar lingkungan sekolah yang kurang baik terbawa ke sekolah dan beberapa anak yang sulit dinasehati.

Downloads

Published

2025-05-19