Penerapan Nilai Pancasila dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKN di SDN 050659
Keywords:
Karakter, Pendidikan Karakter, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini adalah pentingnya peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) dalam menanamkan nilai-nilai karakter di sekolah dasar. Selama ini terjadi penurunan moral generasi muda sehingga perlu penguatan nilai Pancasila sebagai dasar pendidikan moral. Penelitian bertujuan menjelaskan bagaimana penerapan nilai-nilai Pancasila dan pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn di SD Negeri 050659. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi (RPP, silabus) yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PKn SDN 050659 rutin menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap pembelajaran, misalnya melalui kegiatan pembiasaan dan penugasan yang mengandung karakter disiplin, tanggung jawab, dan gotong royong. Selain itu, sekolah melaksanakan upacara bendera dan kerja bakti sebagai bagian dari penguatan semangat nasionalisme dan sikap gotong royong. Temuan ini sejalan dengan penelitian terdahulu yang menyebutkan bahwa pendekatan praktis dalam pembelajaran Pancasila/PKn efektif membentuk karakter siswa yang baik dan toleran. Secara keseluruhan penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Pancasila telah terintegrasi secara baik dalam proses pembelajaran PKn di SDN 050659 melalui pembiasaan dan model peran guru, namun masih diperlukan peningkatan pelatihan bagi guru dan kolaborasi dengan orang tua untuk memperkuat internalisasi karakter Pancasila pada siswa.