Penerapan Pembelajaran Hak dan Kewajiban Anak dalam Konteks PKn di SD Negeri 050661 Kwala Bingai
Keywords:
Hak, Kewajiban, Pembelajaran, PKN, Sekolah DasarAbstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar (SD) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa agar memiliki pemahaman yang baik mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara. Materi hak dan kewajiban anak merupakan salah satu bagian penting dari pembelajaran PKn yang perlu ditanamkan sejak dini. Sayangnya, dalam praktiknya masih ditemukan berbagai kendala, seperti kurangnya pemahaman guru terhadap substansi materi, keterbatasan media pembelajaran yang menarik, serta metode pembelajaran yang belum sepenuhnya efektif dalam menanamkan nilai-nilai tersebut. Oleh karena itu, penelitian mengenai implementasi pembelajaran hak dan kewajiban anak di SD menjadi penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan pedoman wawancara untuk menggali informasi mendalam mengenai proses pembelajaran di kelas. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran hak dan kewajiban anak telah diterapkan dengan sangat baik di sekolah yang diteliti. Guru memanfaatkan Kurikulum Merdeka serta menerapkan beragam metode, pendekatan, dan strategi pembelajaran yang relevan. Siswa mampu memahami konsep-konsep yang diajarkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan media pembelajaran yang bervariasi juga terbukti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.