Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKN di SDN 027144 Binjai Utara Melalui Model Pengajaran Bermain Peran

Authors

  • Ficha Aulia Nanda Universitas Putra Abadi Langkat
  • Tifa Nafisah Universitas Putra Abadi Langkat
  • Mhd. Kurnia Syahputra Universitas Putra Abadi Langkat
  • Astri Riahma Br Saragih Universitas Putra Abadi Langkat

Keywords:

Bermain Peran, Karakter, Keterampilan Sosial, Pembelajaran PKN, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan meningkatkan kualitas proses pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) melalui model bermain peran di SD kelas tinggi, Binjai Utara. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilakukan secara bertahap melalui beberapa siklus sampai teratasi kesulitan yang ditemukan dalam proses pembelajaran. Pandangan siswa terhadap pembelajaran PKN sangat minim di sekolah tersebut, sehingga penelitian ini dilakukan dengan pendekatan tindakan kelas agar siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna. Pembelajaran yang sebelumnya dianggap membosankan dan kurang menarik, diubah menjadi kegiatan yang lebih aktif, menyenangkan, dan partisipatif melalui model bermain peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN 027144 Binjai Utara, bermain peran merupakan strategi yang efektif dan relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKN. Model ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, tetapi juga menumbuhkan keterampilan sosial, keberanian berbicara, empati, serta karakter positif yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu, model ini juga mampu menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif dan dinamis, serta meningkatkan keterlibatan siswa secara menyeluruh dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model bermain peran dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar yang lebih baik.

Downloads

Published

2025-05-27