Optimalisasi Media Visual dalam Peningkatan Kemampuan Bercerita Peserta Didik SDN 181 Guruh Baru II

Authors

  • Leni Dwi Marlina Universitas Terbuka Tangerang
  • Muhammad Ali Akbar STAI Tapaktuan

Keywords:

Kemampuan Bercerita, Media Visual, Optimalisasi

Abstract

Tujuan dari riset ini adalah untuk mengembangkan keterampilan bercerita peserta didik kelas II SDN 181 Guruh Baru II melalui penggunaan media gambar. Permasalahan utama dalam situasi ini adalah belum optimalnya kemampuan siswa dalam menyampaikan cerita secara runtut dan ekspresif. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan pembelajaran, pengamatan, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, tes unjuk kerja, serta angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif yang menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif, guna mengetahui efektivitas tindakan yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan bercerita siswa secara sistematis dan ekspresif. Kemampuan bercerita peserta didik terbukti meningkat berdasarkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa adanya peningkatan kemampuan bercerita siswa. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus pertama sebesar 65%, rata-rata nilainya adalah 72. Pada siklus kedua, ketuntasan belajar meningkat hingga mencapai 90% dengan rata-rata nilai sebesar 85. Hasil ini membuktikan bahwa media visual, khususnya gambar berwarna, efektif dalam mendukung dan meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik. Peningkatan tersebut menjadi bukti bahwa pemanfaatan media visual dapat memperkuat proses pembelajaran, terutama dalam keterampilan berbahasa. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan penggunaan media visual sebagai salah satu strategi alternatif dalam pembelajaran bahasa, khususnya bagi siswa sekolah dasar, untuk membantu mereka menyampaikan cerita secara lebih runtut, menarik, dan ekspresif dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2025-05-20