Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Cendana Homestay

Authors

  • Tasya Anggraini politeknik cendana
  • Rina Friska Politeknik Cendana Medan
  • Yuiana Yuliana Politeknik Cendana Medan

Keywords:

brand image, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis ingin mengidentifikasi masalah tentang “adakah pengaruh brand image dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di cendana homestay?”. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di cendana homestay. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif, penelitian asosiasif adalah metode penelitian yang bersifat menanyakan antara 2 variabel atau lebih. Brand image adalah penilaian konsumen atas sebuah merk, penilaian ini hadir dalam saat tertentu setelah adanya interaksi antara brand dan konsumen, sedangkan kualitas pelayanan berfokus untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan, serta pada ketepatan waktu untuk memenuhi harapan pelanggan. Keduanya sangat penting dalam respon kepuasan pelanggan itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang di gunakan penulis dalam penelitin ini adalah menggunakan kuesioner. Sampel yang di gunakan adalah para pelanggan cendana homestay sebanyak 30 orang. Instrument penelitian yang di gunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang di gunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan perhitungan yang di lakukan penulis dengan aplikasi program SPSS, yang ternyata memperoleh hasil kolerasi yang dilakukan menunjukan bahwa nilai korelasi adalah 0.148, yang berarti Brand Image terhadap Kepuasan pelanggan mempunyai korelasi rendah positif. Dan juga Nilai korelasi Kualitas Layanan terhadap Kepuasan pelanggan 0,786 juga memiliki korelasi kuat positif.

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Anggraini, T., Friska, R. ., & Yuliana, Y. . (2024). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Cendana Homestay. JEMBATAN : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(1), 1-9. Retrieved from https://journal.beaninstitute.id/index.php/jembatan/article/view/15