Aplikatif E-Commerce Dan Brand Awareness Untuk Peningkatan Keputusan Pembelian UMKM (Studi Kasus Pada MMTC Frozen Food)

Authors

  • Widora Siahaan Politeknik Cendana
  • Elserra Siemin Ciamas Politeknik Cendana

Keywords:

E-commerce, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Abstract

Latar belakang: Perkembangan berbelanja yang dilakukan secara online menjadi hal yang menyebabkan munculnya berbagai aplikasi secara online. Situs E-Commerce MMTC FROZEN FOOD merupakan salah satu contoh dari marketplace Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan e-commerce dan brand awareness berpengaruh terhadap keputusan pembelian di MMTC FROZEN FOOD,

Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data nya melalui penyebaran kuesioner dengan pengambilan sampel sebanyak 53 orang pelaku e-commerce dan membeli barang melalui online di MMTC FROZEN selama bulan April 2024 .

Hasil penelitian: Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel E-commerce dan Brand awareness terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial maupun secara simultan. Hal ini dibuktikan dengan nilai regresi yang positif dan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Kemudian hasil uji T menunjukkan bahwa nilai Thitung variable e-commerce 3,792 dan variabel Brand Awareness 4,355 > dari nilai Ttabel 2,008. Hasil uji F juga menunjukkan bahwa nilai Fhitung 49.633 > Ftabel 3.18

Kesimpulan: Dengan tingginya pengaruh simultan dan parsial aspek kedua variabel, maka MMTC FROZEN FOOD harus memastikan desain responsive agar nyaman diakses melalui berbagai perangkat

dan membuat navigasi yang intuitif dan mudah digunakan, memberikan pelayanan yang baik, dan memberikan evaluasi kualitas produk yang ditawarkan oleh merek tersebut yaitu dengan mencantumkan ulasan pelanggan dan sertifikasi kualitas.

 

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Widora Siahaan, & Elserra Siemin Ciamas. (2025). Aplikatif E-Commerce Dan Brand Awareness Untuk Peningkatan Keputusan Pembelian UMKM (Studi Kasus Pada MMTC Frozen Food). JEMBATAN : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 12-21. Retrieved from https://journal.beaninstitute.id/index.php/jembatan/article/view/76