Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Bahan Kue Yen
Keywords:
Asosiatif, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan, KuantitatifAbstract
Dengan perkembangan zaman dan peningkatan taraf hidup masyarakat saat ini sedikit banyak akan mempengaruhi cara konsumsi dan cara pemenuhan kebutuhan. Sedemikian rupa sehingga para pedagang dituntut untuk bersaing dalam persaingan bisnis yang ketat seperti sekarang ini, dan jumlah merek dan produk yang bersaing memperebutkan barang dan jasa di pasar menjadi sangat banyak, sehingga memungkinkan konsumen memiliki pilihan dan pilihan yang beragam, terutama dalam industri jasa. Keadaan demikianlah yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian yang bertujuan melihat adakah Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Bahan Kue Yen. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Penelitian asosiatif adalah metode penelitian yang bersifat menanyakan antara 2 variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data yang di gunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan adalah pelanggan Toko Bahan Kue Yen yang berjumlah 60 orang. Diperoleh hasil korelasi kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,217 dan korelasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,501 yang memberikan indikasi bahwa variabel kualitas produk dan loyalitas pelanggan dan variabel kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan memiliki hubungan yang positif tetapi tidak terdapat hubungan yang kuat. Dari hasil adjusted r square sebesar 22,6% dan sisanya 77,4% di pengaruhi faktor lainnya. Dari perhitungan analisis regresi maka diperoleh persamaan regresi Y=4,794-0,038X1+0,326X2. Dapat disimpulkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Toko Bahan Kue Yen dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Toko Bahan Kue Yen. Secara simultan, kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Toko Bahan Kue Yen.