Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Rumah Sakit Adam Malik Medan

Authors

  • Wan Indah Nurlayla Politeknik Cendana
  • A Mahendra Politeknik Cendana Medan
  • Weny Weny Politeknik Cendana Medan

Keywords:

kualitas pelayanan, harga, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pasien BPJS di rumah sakit Adam Malik, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pasien BPJS di rumah sakit Adam Malik. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif, penelitian asosiasif adalah metode penelitian yang bersifat menanyakan antara 2 variabel atau lebih. Adapun data yang digunakan berupa data primer yang dipeoleh langsung dari sumber atau tempat dimana penelitian dilakukan. Sampel yang di gunakan adalah para pasien BPJS RS. Adam Malik sebanyak 30 orang. Instrument penelitian yang di gunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang di gunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan perhitungan yang di lakukan penulis dengan aplikasi program SPSS 29. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dan  harga berpengaruh signifikan postif terhadap kepuasan pasien.

Downloads

Published

2024-05-06

How to Cite

Nurlayla, W. I., Mahendra, A. ., & Weny, W. . (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Rumah Sakit Adam Malik Medan. JEMBATAN : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(1), 25-36. Retrieved from https://journal.beaninstitute.id/index.php/jembatan/article/view/18