Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Vivo
Keywords:
citra merek, kualitas produk, keputusan pembelianAbstract
Kebutuhan akan alat komunikasi seperti smartphone selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan pola konsumsi konsumen saat ini yang selalu menginginkan sebuah kemudahan dalam komunikasi yang dapat mendukung kegiatan mereka sehari-hari dalam pekerjaan maupun hal lainnya. Melihat peluang ini, banyak pengusaha disetiap tempat yang mengambil kesempatan untuk memulai bisnis mereka dengan membuka berbagai toko yang melakukan penjualan pada produk smartphone. Metode yang digunakan adalah dengan metode deskriptif, jenis penelitian ini adalah data kuantitatif, data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Dengan demikian, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 96 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dimana responden yang ditemui secara tidak sengaja akan terlebih dahulu dijadikan sebagai sampel penelitian. Hasil pengujian yang menunjukkan bahwa Kualitas Produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada VIVO. Diperoleh hasil korelasi citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 0,286 dan korelasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,664 yang memberikan indikasi bahwa variabel citra merek dan keputusan pembelian tidak terdapat hubungan yang kuat dan variabel kualitas produk dengan keputusan pembelian terdapat hubungan yang positif dan kuat. Dari hasil adjusted r square sebesar 56,4% dan sisanya 43,6% di pengaruhi faktor lainnya. Dari perhitungan analisis regresi maka diperoleh persamaan regresi Y=5,312-0,207X1+0,291X2. Secara parsial, citra merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, citra merek dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.