Analisa Pengaruh Kualitas Produk dan Consumer Trust terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. Siak Andalan Mas
Keywords:
Asosiatif, Consumer Trust, Kualitas produk, kuantitatif, loyalitas pelangganAbstract
Sejalan dengan perkembangan dunia usaha sekarang ini persaingan antar perusahaan dalam dunia usaha semakin ketat. Pentingnya pemasaran ini tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang menggunakan berbagai cara dan strategi untuk mencari cara yang paling tepat dalam memasarkan produk-produknya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan consumer trust terhadap loyalitas pelanggan di PT. Siak Andalas Mas. Dalam penelitian ini metode penelitian yang akan digunakan adalah metode asosiatif jenis penelitian ini adalah data kuantitatif, data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan yang berjumlah sebanyak 71 konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Dan Consumer Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Di PT. Siak Andalan Mas.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan menggunakan uji-F, diketahui bahwa nilai F hitung (58,966) > F tabel (3,13) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Produk dan Consumer Trust secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Siak Andalan Mas. Nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,624 artinya variabel Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Produk dan Consumer Trust sebesar 62,4% sedangkan sisanya 37,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti penetapan harga, kegiatan promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan lain nya.Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka penulis membuat beberapa kesimpulan yaitu Kualitas Produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Siak Andalan Mas. Consumer Trust secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Siak Andalan Mas. Kualitas Produk dan Consumer Trust secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Siak Andalan Mas.