Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Cendana Medan Tahun Akademik 2020-2021)
Keywords:
Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan PelangganAbstract
Dalam Penelitian ini, penulis ingin mengidentifikasi masalah tentang “Adakah pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Cendana Medan Tahun Akademik 2020-2021)”. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Cendana Medan Tahun Akademik 2020-2021)”. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Penelitian asosiatif adalah metode penelitian yang bersifat menanyakan antara 2 variabel atau lebih. Kualitas Pelayanan merupakan ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan perusahaan mampu sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner tertutup. Sampel yang digunakan adalah Mahasiswa Politeknik Cendana, Medan Tahun Akademik 2020-2021 yang berjumlah 51 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh penulis dengan aplikasi program SPSS versi 23, hasil adjusted r square sebesar 33,7% dan sisanya 66,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diuji di penelitian ini.Dari perhitungan analisis regresi maka diperoleh persamaan regresi = 5,386 + 0,335X1 + 0,466X2 + e. Dapat disimpulkan bahwa secara parsial masing-masing variabel Kualitas Layanan dan Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dan secara simultan Kualitas Layanan dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Cendana Medan Tahun Akademik 2020-2021).