Pengaruh Pemberdayaan Karyawan terhadap Retensi Karyawan melalui Kepuasan Kerja di Adhya Group Medan
Keywords:
kepuasan kerja, pemberdayaan karyawan, retensi karyawanAbstract
Adhya Group merupakan perusahaan accelerator dan aggregator, suatu group usaha yang bergerak dalam empat pilar bidang bisnis, yaitu Property & Hospitality, Media & Entertainment & Creative, Food & Beverage, serta Product & Services. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada pengaruh pemberdayaan karyawan terhadap retensi karyawan yang dimediasi oleh kepuasan kerja di Adhya Group Medan. Pemberdayaan karyawan yang buruk dapat menyebabkan banyak hal, seperti kinerja kerja karyawan yang rendah yang dapat berdampak pada retensi karyawan. Indikator pemberdayaan karyawan meliputi kepercayaan, kredibilitas, dan komunikasi. Indikator retensi karyawan meliputi rancangan pekerjaan, peluang karir, dan penghargaan. Indikator kepuasan kerja meliputi pekerjaan itu sendiri, supervisi, dan rekan kerja. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif dan penelitian kausal. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan metode sensus, yaitu 69 karyawan Adhya Group Medan. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat dilihat bahwa semua Hipotesis diterima. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan program pelatihan dan pengembangan secara teratur agar staf dilengkapi dengan keterampilan dan kepercayaan diri sehingga karyawan merasa nyaman untuk mengungkapkan ide dan kekhawatiran mereka, fokus pada komunikasi yang terbuka, pengakuan atas prestasi, keseimbangan kerja, tidak hanya meningkatkan kepuasan kerja tetapi juga mempromosikan loyalitas dan retensi, dengan mengutamakan inisiatif-inisiatif ini, dapat menciptakan lingkungan di mana karyawan merasa termotivasi dalam organisasi.